ads

Selasa, 23 Oktober 2012

Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Neglasari


Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Neglasari.

Rencana Strategis merupakan serangkaian kegiatan yang mendasar yang dibuat secara bersama-sama antara pimpinan dan seluruh komponen organisasi dengan mengacu kepada prioritas tujuan, sasaran, dan kegiatan organisasi untuk diimplementasikan dalam rangka pencapaian misi dan visi organisasi (LAKIP Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Tahun 2010, 15).

Oleh karenaya Rencana Strategis yang dibuat suatu organisasi harus selaras dan terkait dengan Rencana strategis unit organisasi yang lebih tinggi atau yang menjadi atasan unit organisasi yang bersangkutan. Dengan kerangka teoritis tersebut, maka Rencana strategis Kecamatan Neglasari dibuat dan ditetapkan memiliki keterkaitan dan keselarasan dengan Rencana strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.
Rencana strategis merupakan langkah awal melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah. Rencana strategis instansi pemerintah memerlukan integrasi antara keahlian sumber daya manusia (sdm) dan sumber daya lain agar mampu memenuhi keinginan stakeholders, serta mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis, baik yang berskala global, nasional, regional maupun lokal.

Analisa terhadap lingkungan organisasi secara internal maupun eksternal merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan guna memperhitungkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan kendala  atau tantangan (threats) yang dimiliki oleh organisasi. Hasil dari analisa yang dilakukan tersebut sangat diperlukan dalam menetapkan dan merealisasikan VISI dan MISI serta strategi organisasi instansi pemerintah.

Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Tahunan (RKT)

Atas dasar uraian di atas, Kecamatan Neglasari Kota Tangerang menetapkan rencana strategis yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 5 (lima) tahun. Rencana strategis tersebut dituangkan dalam “Dokumen Rencana strategis Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Tahun 2009-2013”. Sedangkan kinerja yang ingin dicapai dituangkan dalam “Dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) Kecamatan Neglasari Kota Tangerang”.

Rencana strategis Kecamatan Neglasari telah mendefinisikan VISI dan MISI, penjabaran tujuan dan sasaran serta perumusan strategi pencapaian tujuan/sasaran berupa kebijakan dan PROGRAM yang akan dicapai oleh Kecamatan Neglasari dalam kurun waktu 5 (lima) tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013.

Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Neglasari
Repost by Ruli@nto S-2012

1 comment

23 Oktober 2012 pukul 06.40

Silahkan kasih komentar dan masukkannya. Terima kasih.

Posting Komentar