ads

Selasa, 06 November 2012

Pemkot Tangerang Bangun RSU Gratis


Pemkot Tangerang Bangun RSU Gratis

tangerangkota.go.id Senin, 17 September 2012



Ketika Pemerintah Daerah yang lain sedang mewacanakan bahkan merencanakan dan memulai pengobatan gratis bagi masyarakatnya Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang telah lebih jauh menerapkannya diawali dengan pengobatan gratis terhadap masyarakat miskin, rentan miskin, melakukan kerjasama dengan RS Swasta, membangun RS Dhuafa Ar-rahmah yang tanpa Kelas, kemudian menggratiskan seluruh warganya untuk pengobatan gratis dan sekarang membangun RSU Daerah Kota Tangerang berlantai 8 yang juga tanpa Kelas serta digratiskan untuk seluruh warga masyarakatnya.

"Boleh jadi kita yang pertama di Indonesia", ungkap Walikota Tangerang H. Wahidin Halim yang pada hari Senin, (17/09) melakukan pemancangan dimulainya Pembangunan RSUD Kota Tangerang. Selain guna mengakomodir aspirasi masyarakat Kota Tangerang, Rumah Sakit ini juga akan mempersilahkan masyarakatnya untuk tinggal datang untuk berobat, dan tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatannya.

Jadi, selain bisa berobat ke 28 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang, nantinya masyarakat juga bisa memanfaatkan RSU ini, "Syaratnya sama, yang penting warga Kota Tangerang dan tinggal menunjukkan KTP dan atau KK saja," papar Walikota Tangerang, H. Wahidin Halim sesaat setelah acara Pemancangan Tiang Pertama RSU Kota Tangerang, di kawasan Perumahan Modernland, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Kota Tangerang.

Lebih lanjut, Walikota menekankan dengan dibangunnya RSU ini semakin banyak pilihan bagi masyarakat Kota Tangerang untuk berobat. "Tinggal pilih, mana yang paling dekat dengan rumah. Biar gak keluar banyak ongkos," ujarnya.

Pembangunan RSU ini, merupakan kelanjutan dari berbagai upaya Pemkot dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat. Seperti di ketahui, pada Tahun 2009, Pemkot Tangerang telah meluncurkan program kartu multiguna yang merupakan pengembangan dari sistem Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Dimana, selain pasien Jamkesmas, Pemkot memperluas cakupan pelayanan dengan menambahkan masyarakat miskin dan rentan miskin yang sebelumnya tidak masuk kedalam program Jamkesmas, ke dalam program Jamkesda yang lebih dikenal dengan program multiguna. Perlu diketahui, di Tahun 2012, Pemkot Tangerang mengalokasikan dana APBD untuk pengobatan gratis sebesar Rp. 50 miliar. Hingga Agustus 2012, terserap sebesar Rp. 28,2 miliar atau 56,74%, dengan jumlah pasien yang dilayani 17.194 untuk rawat jalan dan 7.994 untuk rawat inap.

Dalam perjalanannya, Pemkot terus berupaya mengembangkan pelayanan multiguna melalui kerjasama dengan 28 rumah sakit, baik yang ada di kota Tangerang maupun di wilayah sekitar, seperti rumah sakit Cipto Mangun Kusumo, Fatmawati, dan rumah sakit Grogol Jakarta.

Dengan meningkatnya anggaran yang dialokasikan untuk pelayanan kesehatan, pada 2012 Pemkot kembali meningkatkan cakupan pelayanan multiguna, yang awalnya hanya berlaku untuk warga miskin dan rentan miskin, saat ini sudah mencakup seluruh masyarakat Kota Tangerang tanpa terkecuali. "Yang memiliki KTP dan KK Kota Tangerang, pasti kita layani gratis" tegas Walikota.

RSU Kota Tangerang, dibangun di atas lahan seluas 14.000 m2/ 1,4 hektar. Dengan luas bangunan 15.630 m2. Yang terbagi dalam dua tahap pembangunan yaitu di tahun anggaran 2012 dan 2013. Tahap I sebesar Rp. 44 milyar dan tahap II Rp. 71 milyar. Dengan total keseluruhan biaya diperkirakan mencapai 115 miliar.

Adapun bangunan meliputi 3 bagian, bagian I (5 lantai), bagian II (3 lantai) dan bagian III (2 lantai). Dengan kapasitas 30 ruang rawat inap dengan 120 tempat tidur. Dengan struktur direncanakan untuk 8 lantai, bila dilakukan pengembangan dapat menampung 300 tempat tidur. Terdapat 17 ruang poliklinik yang meliputi pelayanan spesialistik dasar, pelayanan spesialistik lainnya dan penunjang medik. Selain, pelayanan lainnya juga ditunjang dengan sarana ibadah serta kantin. Pembangunan RSU ditargetkan akan rampung pada Agustus 2013.
(repost by ruli@nto S.-2012)