ads

Selasa, 06 November 2012

BPMKB Beri Pelatihan P3MK Bagi Perwakilan 52 RT-RW



SEDIKITNYA 52 pengurus RT/RW perwakilan dari Kecamatan Ciledug, Cibodas, dan Cipondoh, mengikuti pelatihan Perencanaan Pembangunan Partisipasi Masyarakat Kelurahan (P3MK) di Aula Hotel Permata Mulia, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin (5/11).

Pelatihan berlangsung Senin (5/11)-Selasa (6/11), memberi pemahaman 3 materi penting untuk memotivasi kinerja para pengurus RT-RW membangun lingkungannya. Ketiga materi itu: Pertama, peserta diberi pemahaman tentang pembinaan kelembagaan masyarakat.

Kedua, peserta diberi pemahaman tentang sistem perencanaan dan prosedur penganggaran pembangunan. Ketiga, peserta diberi pemahaman tentang perencanaan partisipasi masyarakat kelurahan.

"Narasumbernya adalah Kepala Bappeda Kota Tanegrang Yayan Sopiyan, dan dua kepala bidang di Bappeda Kota Tangerang H Nanang dan Nur Faizah," kata H Encep Muharram, Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada BPMKB Kota Tangerang.

Dikatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pengurus RT/RW untuk mengerti metoda perencanaan pembangunan lingkungan sehingga dapat diaplikasikan dalam organisasinya. "Sisi lainnya mendorong RT/RW mampu untuk mengusulkan pembangunan apa yang paling dibutuhkan di lingkungannya dalam musrenbang kelurahan."

Encep menginformasikan pelatihan yang digelar adalah pelatihan gelombang kedua. Seluruhnya ada 4 gelombang untuk peserta RT/RW dari 13 kecamatan. BPMKB sendiri di setiap tahunnya sudah menggelar pelatihan semacam ini secara rutin kepada pengurus RT/RW.

Sumber : tangerangkota.go.id