ads

Minggu, 11 November 2012

Pahlawan

Pahlawan

Pahlawan, bukankah tak ada sedikitpun dalam pikiranmu akan sebutan itu.
Hanya dorongan panggilan hati akan membela kebajikan yang tertindas keangkaramurkaan.
Bukan semata emosional buta membuncah akan harga dirimu yang tak seberapa untuk kau bela. Tapi semata akan ketidak ikhlasan akan merajalelanya kebathilan, kedurjanaan, kenistaan, serta terus diinjaknya nilai-nilai kebenaran dan kebajikan yang teruuuuus, .... dan terus sepertinya tak pernah akan habis. Pahlawan, kau bergerak untuk membela kebenaran akan nilai-nilai kebajikan itu. 

Pahlawan, bukankah tak ada sedikitpun terlintas dalam pikiranmu akan sebutan itu.
Hanya memperjuangkan sesuatu yang baik menurut hati nuranimu kau lakukan semua pengorbanan ini. Tidakkah terdengar apa sesungguhnya teriakan hati terdalam nan suci dari diri hitam legam sekalipun....... Tak lebih teriakan akan nilai-nilai kebajikan semata yang terdengar dari hati yang tidak akan berbohong.

Siapakah engkau wahai pahlawanku,…..?.

Suara hati tiba-tiba berbisik memecah lamunan logika ini, ….
Siapapun bisa menjadi seorang Pahlawan. karena Pahlawan itu ada pada disetiap jiwa seseorang yang berani menentang kebathilan dan kemunkaran. Setiap darah, keringat serta fikiran kita adalah “Pahlawan” bila kita selalu berada dijalan yang benar.

Pahlawan” adalah seseorang yang berguna bagi dirinya, keluarganya, lingkungannya, agamanya juga negaranya bahkan dunia. Bukankah kalian juga pahlawan saat engkau mengatakan tidak pada dirimu sendiri saat rayuan perbuatan yang tidak baik mendatangimu untuk kau lakukan.

Bukankah jiwa kebaikan itu ada dalam setiap ruh kita yang dititipkan oleh Yang Maha Baik sumber dari segala sumber kebajikan?. Maka jiwa kepahlawanan ada dalam diri setiap insan dan menetap dalam ruh hati kita. 

Pahlawan” itu ada di dalam diriku, dirimu, dan di dalam diri kita semua.
Jiwa Pahlawan ada dalam darah kita, ada dalam fikiran kita, ada dalam keringat kita dan ada dalam setiap hembusan nafas kita.

Wahai diriku, .....
“Pahlawan” itu adalah orang yang memberi manfaat pada semua orang-orang melalui fikiran, tenaga, harta dan hatinya. 

Tak penting sebutan itu karena memang jiwa kepahlawanan ada dan menetap dalam diri kita.
---------------------------------------

Rasa hormat penuh khitmat aku sampaikan pada semua pahlawan negeri ini yang telah berjuang menegakkan kebajikan di bumi pertiwi nan tercinta ini.

DAN,.......
Selamat datang pada semua pahlawanku saat ini yang tak pernah lelah dan tak surut terus berjuang menegakkan nilai-nilai kebajikan di muka bumi ini,.... khususnya di Indonesiaku kini.

Pahlawan, bukankah tak ada sedikitpun terlintas dalam pikiranmu akan sebutan itu.
Dirgahayu Hari Pahlawan Indonesia

Rulianto- 10 Nopember 2012
-------------------------------------------------------------
Kamus Besar Bahasa Indonesia 
Pahlawan : [n/kata benda] orang yg menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yg gagah berani

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/pahlawan/mirip#ixzz2BugjBZBG